LaptopTutorial

Cara Mudah Mengetahui Batas Maksimal RAM Laptop

Cara Mudah Mengetahui Batas Maksimal RAM LaptopMemori RAM pada laptop merupakan komponen yang memiliki peranan penting terhadap performa dan kecepatan perangkat. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan ke dalam media penyimpanan. Setiap perangkat laptop, hadir dengan kapasitas RAM yang berbeda-beda. Pada dasarnya, semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, performa laptop akan semakin baik.

Tetapi pengguna tidak boleh sembarangan untuk melakukan upgrade kapasitas RAM. Sebelum memutuskan untuk menambah RAM, Anda wajib mengetahui dulu kapasitas maksimal dari RAM untuk laptop Anda. Jika sudah mengetahui kapasitasnya, nantinya Anda akan mengetahui apakah memori RAM tersebut dapat di upgrade atau tidak.

Untuk cara melihat kapasitas memori RAM, Anda dapat melihat dari label yang terdapat di keping RAM. Tetapi untuk mengetahui kapasitas maksimal yang mungkin digunakan pada laptop Anda, Anda dapat memanfaatkan aplikasi sistem operasi komputer.

Cara Mengetahui RAM Maksimal Untuk Sistem Linux Mint

Bagi para pengguna laptop yang menggunakan sistem Linux mint, Anda dapat memanfaatkan aplikasi dmidecode. Jika aplikasi tersebut belum ada di sistem Linux laptop Anda, cobalah ketikkan perintah ssudo apt-get install dmidecode pada terminal Linux. Kemudian ketik perintah: sudo dmidecode –t memory | grep –i size. Nanti akan muncul informasi jumlah keping RAM yang digunakan pada perangkat. Jika memori tersebut dijumlahkan, akan menghasilkan kapasitas total RAM pada perangkat

Cara Mengetahui Kapasitas RAM Maksimal Secara Online Dari Crucial.com

Para pengguna laptop juga dapat mengetahui kapasitas batas maksimal memori RAM yang dapat didukung oleh prosesor melalui situs web. Salah satu situs yang dapat digunakan adalah www.crucial.com. Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan:

  • Pertama, buka browser internet di laptop Anda. Pastikan perangkat tersambung dengan koneksi internet
  • Buka situs www.crucial.com
  • Klik menu Memory
  • Pilih merek laptop misalnya Asus
  • Lihat di bagian select my Asus
  • Isilah formulir yang tersedia mengenai pembuatan, jenis, dan model produk. Agar dapat mengisi formulir tersebut, Anda wajib mengetahui merek, jenis laptop, dan model motherboard.. Anda dapat mengetahui spek laptop dengan melihatnya dari label yang terdapat di laptop, manual book, dan aplikasi perangkat lunak
  • Setelah mendapatkan informasi tentang model Motherboard PC/Laptop yang akan dicek, masuk ke bagian form yang disediakan oleh Crucial
  • Klik tombol Find Upgrade
  • Anda dapat melihat kapasitas maksimal RAM yang dapat digunakan untuk perangkat laptop Anda

Cara Mudah Mengetahui Batas Maksimal RAM Laptop Di Ark.Intel.com

Selain mengetahui kemungkinan upgrade RAM dari situs Crucial.com, Anda juga dapat mengetahui kapasitas memori RAM maksimal untuk laptop dari laman ark.intel.com. Namun situs ini hanya dapat digunakan untuk laptop yang menggunakan prosesor Intel. Sebelumnya, Anda perlu memeriksa lebih dulu jenis prosesor yang digunakan pada laptop Anda. Bagi pengguna Linux mint, Anda dapat mengetahui jenis prosesor ini dengan mengakses tab informasi sistem. Pada menu klik Preferensi kemudian informasi sistem. Bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, Anda dapat memeriksa tipe prosesor dari menu Control Panel kemudian pilih System.

Jika Anda sudah mengetahui jenis prosesor yang digunakan pada laptop, masuk ke situs ark.intel.com dari browser. Ketikkan jenis prosesor tersebut di kolom pencarian tipe prosesor. Setelah itu, klik search atau tekan tombol enter. Lihat pada bagian memory specification. Nanti akan muncul kapasitas memori RAM maksimal yang dapat didukung oleh prosesor pada laptop Anda. Jika memori RAM yang didukung oleh prosesor 8 GB, maka Anda hanya dapat upgrade RAM maksimal sampai 8 GB.

Cara Mudah Mengetahui Batas Maksimal RAM Laptop
5 (100%) 1 vote
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close